Home » » URBANISASI

URBANISASI

Written By Unknown on Jumat, 08 Maret 2013 | Jumat, Maret 08, 2013

URBANISASI  
Dalam masa pembangunan di Negara berkempang, ada kesan bahwa bertambahnya penduduk kota dengan pesat itu di karenakan migrasi masuknya orang-orang dari desa. Hal ini memang sebagian besar benar, apalagi diingat bahwa urbanisasi yang bersifat liar atau yang tidak terkendalikan disebabkan oleh misalnya tidak amanya kawasan pedesaan, datangnya bencana alam pereodis dan gagalnya pembangunan di pedesaan. Tidak lepas dari itu, penduduk kota sendiri mengalami pertambahan alami. Arus migrasi masuk kota dapat berkurang pada saat kota kurang menawarkan tawaran kerja yang menguntungkan. Sebaliknya ada juga terjadi migrasi buruh tani, ternyata menawarkan aneka pekerjaan meski hanya serabutan, sehingga pengangguran yang sementara tadi dapat diatasi.
Urbanisasi sebenarnya menyangkut proses menjadi kawasan perkotaan, migrasi masuk kota, berubahnya mata pencarian dari pertanian menjadi yang lain, juga menyangkut perubahan dalam pola perilaku manusia. Dalam membicarakan urbanisasi secara umum, yakni perpindahannya dan menetapnya para pendatang dari pedesaan di kota, para peneliti ekonomi cenderung melihat beralihnya mata pencarian manusia dari bertani untuk memenuhi kebutuhan sendiri, tanpa ada surplus produksi untuk di jual atau ditabung guna meningkatkan taraf hidup ke penyesuaikan kehidupan bertanidengan apa saja yang di tawarkan oleh lingkungan kota demi kelestarian manusia pendatang. Kenyataanya di Negara-negara berkembang atau sedang memodernisasi diri, nasib para urbanis tersebut amat menyedihkan. Umunya, mutu pangan, sandang dan tempat berteduh amat rendah. Kota tidak menawarkan rasa akrab dan tentram setaraf di pedesaan yang mereka tinggalkan.
Bertolak dari definisi kota yang dibuat oleh  Grunfeld, yaitu : “suatu tipe pemukiman yang secara nasional kepadatan penduduknya tinggi, struktur mata pencariannya nonagraris, tataguna lahannya bervariasi banyak dan gedung-gedungnya di bangun rapat”. Maka Geograf De Bruijne, Mengemukakan 7 definisi urbanisas, yaitu sebagai berikut:
1.      Pertumbuhan persentasi penduduk yang bertempat tinggal di perkotaan, baik secara modial, nasional maupun regional.
2.      Perpindahan penduduk dari desa ke perkotaan.
3.      Bertambahnya penduduk bermata pencarian nonagraris di pedesaan.
4.      Tumbuhnya suatu pemukiman menjadi kota
5.      Mekarnya atau meluasnya struktur artifaksial-morfologis suatu kota dikawasan sekelinglingnya.
6.      Meluasnya pengaruh suasana ekonomi kota ke pedesaan.
7.      Meluasnya pengaruh suasana  sosial, psikologis dan cultural kota ke pedesaan.
Share this article :

Kunjungan

Update

 
Copyright © 2013. BERBAGI ILMU SOSIAL - All Rights Reserved | Supported by : Creating Website | Arif Sobarudin