Home » » JENIS-JENIS BATUAN BEKU

JENIS-JENIS BATUAN BEKU

Written By Unknown on Kamis, 07 Maret 2013 | Kamis, Maret 07, 2013

Batuan beku (igneous rock) adalah batuan yang terbentuk dari magma yang membeku. Secara umum batuan beku mempunyai cirri-ciri homogen dan kompak, tidak ada pelapisan, dan umumnya tidak mengandung fosil.
Batuan beku dibedakan menjadi 2 kelompok, yaitu berdasarkan tempat pembekuanya daan berdasarkan mineral penyusunanya.
a.       Berdasarkan tempat pembekuanya
Berdasarkan tempat pembekuanya batuan beku dibedakan menjadi tiga, yaitu batuan beku dalam, batuan beku korok(gang), dan batuan beku luar.

1.      Batuan beku dalam
Batuan beku dalam adalah batuan beku yang terbentuk jauh dibawah permukaan bumi, yaitu pada kedalam 15-50 km. karena tempat pembekuanya dekat dengan astenosfer, pendinginan magma sangat lambat sehingga menghasilkan batuan yang besar-besar dengan tekstur holokristalin, yaitu semua komposisi batuan disusun oleh Kristal yang sempurna.
Cirri-ciri batuan beku dalam antara lain sebagai berikut ;
a.       Umumnya bebutir lebih kasar dibandingkan batuan luar
b.      Jarang menunjukan akan lubang-lubang gas
2.      Batuan beku korok (gang)
Batuan beku korok adalah batuan beku yang terbentuk di daerah korok atau celah kerak bumi sembelum magma sampai kepermukaan bumi. Proses pembekuan magma itu agak cepat sehingga mementuk batuan yang mempunyai Kristal-kristal yang kurang sempurna. Misalnya magma yang mempunyai susunan granit membeku didalam sebuah gang akan membentuk batuan beku yang disebut porfiri granit
3.      Batuan beku luar
Batuan beku luar atau disebut juga batuan lelehan adalah batuan yang terbentuk di permukaaan bumi. Magma yang keluar dari bumi mengalami proses pendinginan dan pembekuan sangat cepat sehingga tidak menghasilkan Kristal Kristal batuan. Contoh batun beku luar ialah reolit dan basalt.
b.      Berdasarka mineral penyusunan
Berdasar mineral penyusunan batuan beku dibedakan menjadi dua, yaitumineral ringan dan mineral berat.
1.      Batuan beku mineral ringan
Batuan beku yang tersusun atas mineral-mineral ringan, biasanya warna terang, mudah pecah, dan banyak mengandung silikat sehingga termasuk batuan yang bersifat asam.
2.      Batuan beku mineral berat
Batuan beku yang tersusun atas mineral-mineral berat biasanya berwarna gelap, sukar pecah, dan kandungan silikatnya sedikit sehingga termasuk batuan yang bersifat basa.

Share this article :

Kunjungan

Update

 
Copyright © 2013. BERBAGI ILMU SOSIAL - All Rights Reserved | Supported by : Creating Website | Arif Sobarudin