Home » » FAKTOR FAKTOR PENDORONG TERJADINYA URBANISASI

FAKTOR FAKTOR PENDORONG TERJADINYA URBANISASI

Written By Unknown on Jumat, 08 Maret 2013 | Jumat, Maret 08, 2013

FAKTOR FAKTOR PENDORONG TERJADINYA URBANISASI

Charles whynne-hammond dalam bukunya elements of human geography (1979), menyebutkan delapan faktor pendorong urbanisasi, yaitu
1.      Kemajuan di bidang pertanian. Adanya mekanisasi di bidang pertaian mendorong dua hal, yakni pertama tersedotnya sebagian tenaga kerja agraris ke kota untuk menjadi buruh industry. Kedua, bertambahnya hasil pertania untuk menjamin kebutuhan pendudk yang hidupnya dari pertanian.

2.      Industrialisasi. Karena industry-industri tergantung kepada bahan mentah dan sumber tenaga, maka pabrik-pabrinya didirikan di sekitar lokasi sekitarnya. Itu demi murahnya pengelolaan, sekaligus di perlukan tenaga buruh yang banyak, mereka pindah dan bekerja disitu, yang akhirnya kota baru.
3.      Potensi pasaran. Berkembangnya industry ringan melahirkan kota-kota yng menawarkan diri sebagai pasaran hasil di teruskan kepada kawasan pedesaan. Kota-kota pedagangan tersebut lalu menari pekerja-pekerjanya baru dari pedesaan dan dengan begitu kota bertambah besar.
4.      Peningkatan kegiatan pelayanan. Industry tersier dan kuartertumbuh dan meningkatkan perdagangan, taraf hidup dan memacu munculnaya organisasi ekonomi dan sosial. Berbagai jenis jasa tumbuh di perkotaan, hiburan, catering, tata usaha perkantoran dan sebagainya.
5.      Kemajuan transportasi. Bersama kemajuan komunikasi, ini mendorong majunya mobilitas penduduk, khususnya dari pedesaan ke kota-kota di dekatnya.
6.      Tarikan sosial dan cultural. Di kota banyak hal yang menarik, seperti bioskop, museum dan tempat-tempat rekreasi.
7.      Kemajuan pendidikan. Tidak hanya sekolah-sekolah yang menarik kaum muda untuk pindah ke kota. Media komunikasi missal yang berpusat di kota seperti surat kabar dan siaran radio juga makin menyadarkan masyarakat pedesaan akan pentingnya pendidikan sebagai sarana untuk sukses dalam usaha.
8.      Pertumbuhan penduduk secara alami. Di samping penduduk kota bertambah oleh masuknya urbanisasi, angka kelahiran di kota lebih tinggi di bandingkan di pedesaan. Ini akiabat kesehatan dan kesejahteraan masyarakatnya.
Share this article :

Kunjungan

Update

 
Copyright © 2013. BERBAGI ILMU SOSIAL - All Rights Reserved | Supported by : Creating Website | Arif Sobarudin