Home » » HAKIKAT DAN RUANG LINGKUP STUDI GEOGRAFI

HAKIKAT DAN RUANG LINGKUP STUDI GEOGRAFI

Written By Unknown on Selasa, 05 Maret 2013 | Selasa, Maret 05, 2013

HAKIKAT DAN RUANG LINGKUP STUDI GEOGRAFI
Studi geografi pada hakekatnya merupakan pengkajian keruangan tentang fenomena dan masalah kehidupan manusia. Studi itu disusun berdasarkan hasil observasi berbagai fenomena di lapangan. Hasil observasi di lapangan akan membentuk pola abstrak dari fenomena yang di amati. Pola abstrak itulah yang di sebut konsep geografi. Oleh karena itu, tanpa kerja lapangan tidak akan menghasilkan konsep tentang hakikat fenomena dan masalah kehidupan yang sebenarnya.

Guna menghasilkan konsep fenomena geografi diperlukan analisis fenomena manusia, fenomena alam, serta persebaran dan interaksi dalam ruang. Adapun untuk menunjukan dan menjelaskanfenomena tersebut di permukaan bumi di awalidengan mengajukan enam pertanyaan pokok, yaitu, what, where, when, why, who, dan how (5w 1h). misalnya untuk menjelaskan kelaparan maka pertanyaan yang di ajukan adalah apa yang terjadi, dimana fenomena itu terjadi, kapan fenomena itu terjadi, mengapa fenomena itu terjadi, siapa saja yang sedang mengalami dan bagaimana saja usaha untuk menangani.

Pokok pokok ruang lingkup geografi menurut RHOADS MORPLY (1966) dalam bunya the scope of geography adalah sebagai berikut;

1.      Persebaran dan keterkaitan antar penduduk di permukaan bumidan aspek-aspek keruangan, serta usaha manusia untuk memanfaatkannya.
2.      Iterelasi antar manusia dan lingkungan fisik sebagai bagian dari studi perbedaan wilayah.
3.      Kerangka wilayah dan analisis wilayah secara khusus.

Berdasarkan ketiga pokok ruang lingkup geografi tersebut jelaslah bahwa ruang lingkup georgrafi tidak dapat di lepakan dari aspek manusia dan alam. Selanjutnya, analisis hubungan antar manusia dan lingkunganya dapat digunakan untuk menjelaskan perbedaan wilayah dan persebaran dalam ruang.

Ruang lingkup geografi tersebut juga mencerminkan karakter geografi sebagai bidang ilmu pengetahuan yang berbeda dengan bidang ilmu pengetahuan lainya

Share this article :

Kunjungan

Update

 
Copyright © 2013. BERBAGI ILMU SOSIAL - All Rights Reserved | Supported by : Creating Website | Arif Sobarudin