Home » , » DEFINISI DAN PENGERTIAN SOSIOLOGI EKONOMI

DEFINISI DAN PENGERTIAN SOSIOLOGI EKONOMI

Written By Unknown on Selasa, 05 Maret 2013 | Selasa, Maret 05, 2013

 
DEFINISI DAN PENGERTIAN SOSIOLOGI EKONOMI
Sisiologi ekonomi di definisikan sebagai studi tentang bagaimana cara orang atau masyarakat memenuhi kebutuhan hidup mereka terhadap jasa dan barang langka, dengan menggunakan pendekatan sosiologi.

Dari definisi diatas dapat diuraikan bahwa sosiologi ekonomi berhubungan dengan dua hal yaitu,


Pertama, fenomena ekonomi yaitu gejala bagaimana cara orang atau masyarakat memenuhi kebutuhan hidup mereka terhadap barang dan jasa langka. Cara yang di maksud disini berkait dengan semua aktiitas orang dan masyarakat berhubungan dengan produksi, distribusi, pertukaran dan konsumsi jasa-jasa dan barang-barang langka.

Kedua, pendekatan sosiologis yaitu berupa kerangka acuan, variable-ariabel dan model-model di gunakan oleh para sosiolog dalam memahami dan menjelaskan kenyatan sosial atau fenomena yang terjadi dalam masyarakat. Pendekatan yang digunakan oleh para sosiolog dalam memahami dan menjelaskan fenomena ekonomi berbeda dengan dengan yang di pakai oleh para ekonomi. Perbedan tersebut muncul dari perbedaan titik tolak dalam cara memandang (metode dan Ilmu). Perbedaan perkembangan ilmu (sejarah ilmu ) dan perbedaan dalam mensikapi kegiatan praktis yang berkaitan dengan permasalahan yang sedang di tekuni dalam kapasitas sebagai seorang ilmuan yang di sebut terakhir, telah digaungkan oleh max weber, salah satu dasar peletak teori sosiologi , agarsosiolog  harus bebas nilai dalam menjelaskan realitas sosial

Damsar.sosiologi ekonomi . PT. Raja Grafindo Persada. jakarta
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

27 November 2014 pukul 21.40

tanpa adaya pertumbuhan ekonomi di dalam masyarakat otomatis masyarakat kita akan kurang sejahtera sehingga ekonomi dan masyarakat saling mempengaruhi di dalamnya.
www.ilmusosiologi.com/2014/11/sosiologi-ekonomi.html

Posting Komentar

Kunjungan

Update

 
Copyright © 2013. BERBAGI ILMU SOSIAL - All Rights Reserved | Supported by : Creating Website | Arif Sobarudin