Home » , » Tiga Raksasa Produsen Sapi Asal Jepang

Tiga Raksasa Produsen Sapi Asal Jepang

Written By Unknown on Selasa, 12 Februari 2013 | Selasa, Februari 12, 2013

Detik.com Jakarta - Beberapa tahun terakhir, steak wagyu menjadi populer di Indonesia. Wagyu secara harfiah berarti sapi Jepang. Sapi dari jenis tertentu dibiakkan dan diberi perlakuan khusus, sehingga menghasilkan daging berkualitas tinggi. Siapakah 'pencetak' sapi wagyu terbesar di Jepang?

Salah satu ciri yang paling terkenal dari daging wagyu adalah marbling dengan grade tinggi, atau lemak yang terjalin dalam otot membentuk pola marmer. Apalagi lemak pada daging wagyu memiliki titik leleh yang lebih rendah dibanding daging sapi biasa.



Daging wagyu dikenal mahal, namun tergantung dari grade-nya yang dimulai dari 1 (paling rendah) hingga 9 (paling tinggi). Karena itu tak heran jika steak wagyu bisa disajikan di luar restoran bintang lima.

Makanan yang dikonsumsi Wagyu tidak hanya rumput tapi juga jagung, barley, berbagai macam vitamin bahkan juga kalsium. Untuk membuatnya bersih dari binatang yang hidup di kulit sapi seperti lalat dan kutu, Wagyu dimandikan dengan Sake. Minuman khas Jepang. Kadang Wagyu juga diberi minuman bir, agar ia rileks dan tidak stres.

Untuk membuat daging Wagyu empuk, peternak biasanya memijat si sapi dengan teratur untuk relaksasi. Pokoknya, sapi Wagyu tidak boleh stres dan harus selalu bahagia.

Dikutip detikFinance dari Japan National Tourism Organization (JNTO), Selasa (12/2/2013) ini dia 'Japan top three Wagyu'.

Matsusaka Ushi

Matsusaka Ushi menjadi brand khusus bagi sapi wagyu asal Jepang ini. Dibuat di sekitar kota Matsusaka, sapi-sapi di sini tidak boleh melahirkan untuk dijadikan daging wagyu. Sapi-sapi disini diberikan bir khusus untuk meningkatkan selera makan mereka. Tak lupa, sapi di Matsusaka memiliki petugas pemijat khusus.

Sapi di Matsusaka Ushi ini menjadi wagyu paling terkenal di Jepang.

Kobe Beef

Brand wagyu ini dikomersialkan pertama kalinya di Kobe City. Daing sapi di Kobe Beef ini sangat khas dengan kegurihannya dan aroma yang unik. Namun, hingga saat ini JNTO mengungkapkan daging asal Kobe ini tidak di-ekspor. Presiden AS, Obama pernah mencicipi sendiri daging sapi Kobe Beef ini ketika berkunjung ke Jepang.

Ohmi Beef

Merek wagyu ini pertama kali ramai diperbincangan di daerahnya yakni Shiga. Peternakan sapi wagyu Ohmi Beef memiliki alam pemandangan yang indah. Ohmi Beef ini menjadi wagyu paling ngetop ketiga di Jepang setelah Matsusaka dan Kobe.
Share this article :

Kunjungan

Update

 
Copyright © 2013. BERBAGI ILMU SOSIAL - All Rights Reserved | Supported by : Creating Website | Arif Sobarudin