Sejalan
dengan perkembangan waktu dan perubahan gaya hidup masyarakat yang berpengaruh
pada pola belanja, kegiatan bisnis ritel atau bisnis eceran modern di Indonesia
menunjukkan perkembangan pesat. Pada awal 1980-an perkembangan pasar ritel
ditunjukkan dengan munculnya gerai perdagangan ecaran modern di kota-kota
besar. Pada awal 1990-an sampai dengan sekarang gerai perdagangan eceran modern
merambah kota-kota kecil. Industri ritel tumbuh pesat dengan menjamurnya pasar
modern. Pertumbuhan ritel di Indonesia pada tahun 2008 sebesar 21 persen dan
menempati urutan kedua di Asia Pasifik setelah China. Yang dimaksud dengan
pasar modern adalah swalayan yang mana pelayanan dilakukan sendiri oleh
konsumen karena toko tidak menyediakan pramuniaga yang khusus melayani
konsumen. Bentuk kegiatan perdagangan eceran modern yang bergerak pada sektor
industri ritel, umumnya berupa Hypermarket, supermarket dan minimarket.
Minimarket
merupakan pasar swalayan yang hanya memiliki satu atau dua mesin kasir dan
hanya menjual produk-produk kebutuhan dasar rumah tangga (basic necessities),
sedangkan supermarket yang juga merupakan pasar swalayan memiliki lebih dari
dua mesin kasir dan menjual kebutuhan dasar rumah tangga yang lebih beragam
dibanding minimarket serta menjual barang segar (fresh food). Konsep
Hypermarket hampir sama dengan supermarket, namun barang yang dijual lebih
beragam dan selain itu Hypermarket menjual barang-barang white goods
atau elektronik seperti mesin cuci, air conditioner dan lainnya.
Minimarket
telah menyebar ke berbagai daerah seiring dengan perubahan orientasi konsumen
dalam pola berbelanja untuk kebutuhan sehari-hari. Konsumen tidak hanya
mengejar harga murah, tetapi kenyamanan berbelanja menjadi daya tarik
tersendiri. Bisnis minimarket melalui jejaring waralaba dapat ditemukan sampai
pelosok kota dan kecamatan kecil. Di Indonesia terdapat beberapa merek
minimarket diantaranya adalah Circle K, Starmart, Alfamart, Indomart AMPM.
Persaingan minimarket yang semakin ketat di Indonesia dapat dilihat pada
persaingan bisnis ritel minimarket yang lebih banyak dilakukan oleh dua pelaku
utama yaitu Indomaret dan Alfamart.
PT.
Sumber Alfaria Trijaya Tbk (SAT) sebagai salah satu perusahaan dalam industri
ritel yang berupa minimarket dan termasuk perusahaan nasional yang bergerak
dalam bidang perdagangan umum dan jasa eceran yang menyediakan kebutuhan pokok
dan kebutuhan sehari-hari (basic necessities) dengan menggunakan nama
minimarket Alfamart. Alfamart mempunya kinerja baik jika dibandingkan dengan
merek minimarket pesaing utama yaitu indomaret yang didirikan pada tahun 1988.
Hal ini dapat dilihat dari pertumbuhan gerai minimarket Alfamart yang telah
mencapai lebih dari 2.659 gerai sejak berdiri pada tahun 1999 sampai 2008.
SAT
adalah perusahaan nasional yang bergerak dalam bidang perdagangan umum dan jasa
eceran yang menyediakan kebutuhan pokok sehari-hari. SAT didirikan pada tangal
7 Agustus 1989. Kegiatan usaha perusahaan dimulai pada tahun 1989 bergerak
dalam bidang perdagangan dan distribusi rokok serta barang konsumsi lainnya.
Kegiatan usaha minimarket pada awalnya dilakukan oleh PT Alfa Mirtamart Utama
(AMU) dengan merek dagang “Alfa Minimart”. Sejak tahun 2002, SAT bergerak dalam
kegiatan usaha perdagangan eceran untuk produk konsumen dengan mengakuisisi 141
minimarket dari AMU dan mengoperasikan jaringan minimarket dengan nama
“Alfamart”. Kegiatan usaha SAT adalah berusaha di bidang distribusi dan
perdagangan eceran dalam format minimarket dan jasa waralaba. SAT bergerak di
industri ritel dalam kategori Fast Moving Consumer Goods (FMCG).
Minimarket
Alfamart mempunyai jaringan lokasi yang menjangkau setiap kecamatan, khususnya
di pulau Jawa, pulau Bali dan provinsi Lampung. Jumlah gerai minimarket
Alfamart saat ini telah mencapai 3.194 gerai dengan kantor cabang dan Distribution
Center (DC) sebanyak 12 buah yang berlokasi di beberapa tempat di
Tangerang, Lampung, Cileungsi, Bandung, Cirebon, Semarang, Cilacap, Malang dan
Surabaya. Untuk memperluas wilayah operasi dari Alfamart, pada tahun 2010
Alfamart berencana membangun DC di Solo dan Makassar. Keberadaan lokasi minimarket
Alfamart yang berlokasi hampir di setiap wilayah kecamatan bertujuan untuk
mendekati konsumen, dimana salah satu keunggulan dari minimarket Alfamart
adalah lokasi yang dekat dengan pemukiman. Sedangkan fungsi dari kantor cabang
dan DC adalah untuk mempermudah pengawasan dan distribusi barang bagi
minimarket.
SAT
bergerak melalui format minimarket Alfamart. Gerai-gerai minimarket Alfamart
menjual produk-produk kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan rumah tangga antara
lain beras, minyak goreng, gula pasir, susu dan makanan/minuman, permen, rokok
serta barang personal care dan household care. SAT bergerak
dalam bidang perdagangan umum dan jasa eceran yang menyediakan kebutuhan pokok
sehari-hari melalui kelas minimarket yaitu Alfamart. Toko waralaba merupakan
toko yang dimiliki dan dikelola oleh terwalaba dengan menggunakan merek
Alfamart dan sistem Alfamart (franchise) yang diatur dengan perjanjian
waralaba (franchise) yang diatur dengan perjanjian waralaba dengan
SAT.
Dalam
menghadapi persaingan industri ritel, beberapa strategi yang digunakan dan
telah diterapkan Alfamart saat ini diantaranya adalah pemilihan lokasi yag
menjangkau masyarakat, promo harga dan produk, pembukaan sebagian gerai
Alfamart dalam 24 jam, kemudahan pembayaran tidak tunai (non-cash),
terdapat fasilitas kartu anggota dan penerapan strategi lainnya. Penetapan
strategi tersebut merupakan beberapa strategi bersaing Alfamart dan dapat
dijadikan sebagai competitive strategy oleh Alfamart. Alfamart
memfokuskan usahanya pada penyediaan kebutuhan pokok dan sehari-hari dengan
luas area penjualan tidak lebih dari 250 m2. Target pasar Alfamart
dapat dikelompokkan menurut tiga perspektif berikut:
- Geografis: area perumahan, fasilitas publik, gedung perkantoran
- Demografis: ibu rumah tangga, anak-anak, kelas ekonomi menengah (SES B&C = ekonomi menengah dan bawah)
- Psikografis: kenyamanan, pelayanan yang ramah
Visi
Alfamart adalah menjadi jaringan distribusi retail terkemuka yang dimiliki oleh
masyarakat luas, berorientasi kepada pemberdayaan pengusaha kecil, pemenuhan
kebutuhan dan harapan konsumen serta mampu bersaing secara global. Adapun misi
yang digunakan untuk mencapai visi tersebut yaitu :
- Memberikan kepuasan kepada pelanggang/konsumen dengan berfokus pada produk dan pelayanan yang berkualitas unggul.
- Selalu menjadi yang terbaik dalam segala hal yang dilakukan dan selalu menegakkan tingkah laku/etika bisnis yang tinggi.
- Ikut berpatisipasi dalam membangun negara dengan menumbuhkembangkan jiwa waraswasta dan kemitraan usaha.
- Membangun organisasi global yang terpercaya, tersehat dan terus bertumbuh dan bermanfaat bagi pelanggan, pemasok, karyawan, pemegang saham dan masyarakat pada umumnya.
Sedangkan
strategi perusahaan yang diterapkan di Alfamart adalah terus memperluas
jaringan dan meningkatkan jumlah gerai minimarket di Indonesia, memperluas
jaringan distribusi gerai dengan format yang beragam, pengembangan distribution
center, memberikan kepuasan kepada pelanggan/konsumen dengan berfokus pada
produk dan pelayanan prima, mengedepankan aspek pemilihan lokasi-lokasi gerai
strategis, pemanfaatan jaringan gerai perseroan, hubungan yang baik dengan
mitra bisnis perseroan, peningkatan pelaksanaan tanggung jawab sosial (corporate
social responbility) dan perencanaan keuangan yang matang.
Adapun
budaya perusahaan yang diterapkan pada Alfamart adalah integritas yang tinggi,
inovasi untuk kemajuan yang lebih baik, kualitas dan produktivitas yang tertinggi,
kerjasam team dan kepuasan pelanggan melalui standar pelayanan yang
terbaik. Motto yang diambil perusahaan Alfamart adalah “belanja puas, harga
pas”.
Kegiatan SAT dilakukan melalui kantor pusat dan
cabang-cabang SAT yang tersebar di Jabotabek, Bandung, Cirebon, Cilacap,
Lampung, Semarang dan Sidoarjo. Kantor pusat SAT berlokasi di Jl. M.H. Thamrin
No. 9, Cikokol, Tangerang. Penjualan usaha SAT diperoleh dari hasil penjualan
barang dagangan digerai dan pendapatan hasil uasaha lain-lain yang terdiri dari
penyewaan gondola, partisipasi promosi dan kegiatan waralaba.
Kesuksesan
SAT sangat dipengaruhi oleh kepuasaan konsumen, dimana jika kepuasan konsumen
telah terpenuhi maka akan tercipta konsumen yang loyal terhadap Alfamart. Inti
kepuasaan konsumen untuk industri ritel seperti Alfamart terletak pada produk
dan pelayanan. Produk yang dijual oleh Alfamart adalah produk yang melalui
proses pengawasan dan seleksi yang terjamin. karena setiap produk dari pemasok
harus melalui proses checking dan packing di gudang kantor
cabang, yang selanjutnya didistribusikan ke gerai minimarket Alfamart.
Dalam
hal pelayanan pada gerai minimarket Alfamart, SAT menerapkan sistem yang
terstandar mulai dari proses rekuitmen, pelatihan dan pengelolaan sumber daya
manusia, sehingga SAT mendapatkan karyawan yang berkualitas dan dapat
memberikan pelayanan yang baik terhadap konsumen. Selalu menjadi yang terbik
dalam segala hal yang dilakukan dan selalu menegakkan tingkah laku/etika bisnis
yang tertinggi. Etika bisnis yang diterapkan Alfamart adalah mematuhi segala
bentuk peraturan pemerintah seperti membayar pajak, mengikuti peraturan yang
berhubungan dengan bisnis ritel dan menerapkan corporate social
responbility, ikut berpartisipasi dalam membangun negara dengan
menumbuhkembangkan jiwa wiraswasta dan kemitraan usaha dan membangun organisasi
global yang terpercaya, sehat dan terus bertumbuh dan bermanfaat bagi
pelanggan, pemasok, karyawan, pemegang saham dan masyarakat pada umumnya.
Pada
saat ini, jumlah waralaba minimarket Alfamart telah mencapai 33,3 persen dari
seluruh gerai Alfamart yang ada di Indonesia yaitu sebanyak 798 gerai waralaba
dan 2.396 gerai milik SAT. Penerapan ISO 9001 : 2000 pada SAT merupakan bentuk
standarisasi pelayanan Alfamart dan melengkapi keunggulan Alfamart dalam
pengembangan minimarket Alfamart. ISO 9001 : 2000 merupakan salah satu
perantara untuk membawa Alfamart beroperasi dengan standar internasional.
Menurut
Kotler yang termasuk komponen dari produk adalah product variety, quality
design, features, brand name, packaging, sizes, services dan warranties.
Jenis produk yang dijual di Alfamart beraneka macam dengan varietas sekitar
3.000 jenis merek produk lokal ditambah dengan merek private label yaitu
“Pasti”. Selain itu, produk yang ditawarkan ukurannya lengkap, jumlah produk
yang tersedia banyak dan penempatan produk di rak terlihat teratur dimana
klasifikasi produk dibagi menjadi produk makanan dan bukan makanan. Dari segi
kualitas dan service produk, Alfamart menerapkan pengawasan kualitas
produk yang sangat ketat mulai dari pendistribusian barang dari DC sampai
penjualan akhir di gerai Alfamart. Format dasar yang melandasi jenis produk
yang dijual di Alfamart adalah produk kebutuhan sehari-hari dengan
harga terjangkau dengan tata letak produk yang baik dan tidak campur aduk serta
menjangkau konsumen berbagai kelas.
Alfamart
menyadari bahwa harga merupakan suatu hal yang sangat sensitif sekali bagi
konsumen, bagi ritel yang dapat menjual produk dengan harga yang lebih murah
maka kemungkinan menguasai pasar sangat tinggi. Keadaan tersebut memicu
persaingan harga antar ritel khususnya antara sesama ritel kelas minimarket.
Untuk ritel kelas Hypermarket seperti Carrefour, harga produk yang
ditawarkan bisa lebih rendah dibandingkan harga yang ditawarkan oleh kelas
minimarket seperti Alfamart. Hal ini terjadi karena kapasitas permintaan
Hypermart yang lebih besar dibandingkan dengan economies of scale.
Namun perbedaan harga antar Hypermarket dan minimarket bukan merupakan sesuatu
yang berbahaya bagi minimarket karena target pasar dan jangkauan lokasinya yang
berbeda.
Dilihat
dari segi harga, saat ini Alfamart berusaha menerapkan harga produk sesuai
dengan kualitas barang. Alfamart dapat memberikan harga yang kompetitif bila
dibandingkan dengan harga produk minimarket lainnya. Alfamart memberikan discount
dan penawaran khusus untuk jenis barang tertentu bagi konsumen, terutama bagi
konsumen yang menjadi member Alfamart melalui kartu AKU (Alfamart-KU).
Beberapa keuntungan yang diperoleh pelanggan dari kartu AKU antara lain
1.
Hematku, berupa potongan harga hemat atau bonus untuk produk tertentu
2.
Spesialku, berupa program penjualan produk eksklusif dengan harga special
3.
Hadiahku berupa program hadiah langsung atau undian
Selain
itu, terdapat jenis penawaran khusus seperti jika berbelanja mencapai nilai
nominal 50 ribu, maka konsumen mendapatkan kesempatan membeli produk gulaku
dengan harga 50 persen.
Promosi
merupakan suatu hal yang menunjang keberhasilan bagi sebuah usaha ritel.
Komponen yang termasuk ke dalam promosi diantaranya adalah sales promotion,
advertising, sales force, public relations, direct marketing. Alfamart
menyediakan kebutuhan barang-barang konsumsi maka promosi merupakan bagian dari
marketing communication. Alfamart memperkokoh keberadaan perusahaan
dengan memiliki mascot seekor lebah bernama Albi (Alfamart Bee)
yang dilatarbelakangi filosofi dari lebah yang memiliki kesamaan dengan
karakteristik Alfamart. Lebah merupakan serangga pekerja keras, mahir dan
cekatan yang hidupnya berkelompok dalam kebersamaan, memberikan manfaat (madu)
dan pintar mencari tempat yang paling sesuai untuk membina koloni/sarang baru,
jarang membuat konflik dengan sesama dan lebih senang menghindari pertentangan.
Alfamart juga menggunakan media cetak atau media
elektronik sebagai sarana komunikasi khususnya untuk program-program promosi.
Alfamart juga menggunakan mailer dan media luar ruang serta melalui
beberapa sponsorship event. Selain itu, gerai minimarket Alfamart
tersedia banner, flyer dan papan petunjuk yang memberikan
informasi mengenai promosi. Ketersediaan pamflet dan catalog yang
berisikan informasi mengenai daftar produk yang sedang promosi dan discount.
Catalog dan pamflet secara regular dievaluasi untuk memperkirakan tingkat
efektivitasnya serta relevansi konsep dan sisinya terhadap situasi pasar dan
tren konsumen yang sedang berlangsung. Setiap bulannya Alfamart menggelar
program product of the month yaitu pemilihan tiga produk tertentu yang
dijadikan mascot setiap bulannya. Program sales promotion
dengan tema “kejutan belanja gratis”, bagi konsumen yang beruntung dan
berbelanja dengan nominal tertentu akan mendapatkan kejutan hadiah uang pada
saat transaksi.
www.alfamartku.com