JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai developer toko online,
Johan termasuk jeli melihat peluang. Sejak tahun 2009, ia menekuni
usaha sebagai pengembang toko di dunia maya.
Padahal saat itu,
bisnis online belum seramai sekarang. Tapi, karena melihat celah besar
di bisnis ini, ia pun tak ragu menjadi developer toko online.
Johan
terjun ke bisnis ini dengan mendirikan Master Toko Online (MTO)
dengan laman mastertokoonline.com pada 1 Januari 2009. Master Toko
Online melayani pembuatan website murah untuk segala jenis toko online.
Dia
sendiri sudah melihat peluang bisnis ini sejak tahun 2008. "Saya
melihat pengguna internet terus meningkat. Apalagi, biaya akses
internet makin murah," kata Johan.
Prediksinya tidak meleset.
Tebrukti, sejak menjadi developer toko online sampai sekarang,
pelanggan MTO yang ingin membuat toko online terus meningkat. "Setiap
hari selalu ada permintaan membuat toko online," ujarnya.
Dari
usaha ini, Johan sukses mengantongi omzet hingga Rp 50 juta per bulan.
Untuk menarik lebih banyak lagi minat konsumen, ia terus
mengembangkan fasilitas yang dia tawarkan ke pelanggan.
Menurutnya,
tantangan di bisnis ini adalah menyediakan toko online yang sesuai
kebutuhan bisnis pelanggan yang sangat bervariasi. Inilah yang
membedakan pembuatan toko online dengan website pada umumnya. "Pada
toko online ada fitur-fitur e-commerce untuk mendukung penjualan,"
jelasnya.
Fitur e-commerce, misalnya, label harga, gambar-gambar
produk, keranjang belanja, dan penggunaan voucer diskon. Intinya,
fasilitas ini menyediakan tempat yang nyaman dan aman tentunya untuk
berbelanja di internet.
Selain itu, Johan juga menyediakan
pembedaan harga bagi reseller (agen) si pemilik toko. Caranya,
reseller akan log in dengan cara yang berbeda dengan pembeli umumnya.
Johan
mengakui, persaingan jasa pembuatan toko online sekarang sudah sangat
ketat. Dibandingkan dulu, penyedia jasa pembuatan toko online saat
ini sudah lebih ramai.
Di tengah ketatnya persaingan, tentu harus
rajin melakukan inovasi. Salah satu inovasi Johan adalah menyediakan
bandwith unlimited untuk seluruh komsumennya. Dengan fasilitas
bandwith tak terbatas ini, pelanggan tidak perlu takut website-nya
di-suspen jika terlalu banyak pengunjung.
Johan juga
menyediakan salinan data. "Untuk website yang ramai dikunjungi,
biasanya suka kena serangan hacker," ujarnya. Jika itu terjadi,
konsumen tak perlu khawatir lantaran Johan menyimpan setiap data milik
pelanggan sebagai antisipasi data hilang.
Dia mematok tarif
bervariasi untuk jasa pembuatan toko online. Contoh, ada paket standar
dengan tarif Rp 500.000, Rp 600.000, dan Rp 700.000 di tahun pertama
pembuatan. Kapasitas penyimpanan paket ini mulai 300 MB, 600 MB, hingga 1
GB.
Selain itu, ada juga paket corporate dengan tarif Rp 3,5
juta untuk tahun pertama, dengan kapasitas penyimpanan 7GB. Paling
mahal paket enterprise Rp 5,5 juta di tahun pertama. Kapasitas paket
ini unlimited atau tak terbatas.
Biaya itu berlaku untuk satu tahun. Di tahun berikutnya, konsumen membayar Rp 200.000 lebih murah dari tahun pertama. (Revi Yohana/Kontan)