Home » » MENGANALISIS TATA BAHASA INDONESIA

MENGANALISIS TATA BAHASA INDONESIA

Written By Unknown on Kamis, 21 Maret 2013 | Kamis, Maret 21, 2013


MENGANALISIS TATA BAHASA INDONESIA


Tata bahasa Indonesia amatlah dibutuhkan didunia media apapun, baik itu media cetak maupun media elektronik, seperti halnya yang terdapat di okezone.com. Di okezone.com ternyata amatlah memperhatikan kalimat -  kalimat baku dalam tata bahasa Indonesia, entah dari segi penempatan titik dan koma, ia pun juga memasukan kalimat bakunya.


Disini saya ingin mengomentari atau menganalisis tentang "Kebiasaan - kebiasaan sederhana yang mengganggu kesehatan", berita yang tertanggal 20 Maret 2013 ini bisa dikatakan berhasil dalam memberi gambaran informasi kepada pendengar, sebab dari kalimat -  kalimat yang digunakan sudah sesuai dengan EYD.


Tidak hanya kalimat - kalimatnya yang sesuai dengan EYD dan baku dalam tata bahasa Indonesia penempatan titik (.) dan koma (,) pun juga demikian (yaitu sesuai tata bahasa indonesia) tetapi ternyata tidak hanya bahasa indonesia saja yang ada disana, bahasa asing pun ada untuk mewarnai berita tersebut.


Contoh hal dari penempatan titik dan koma dari berita tersebut "Ada banyak kebiasaan yang kita lakukan, yang mungkin tanpa disadari dapat mengakibatkan gangguan kesehatan". Disana penempatan titik dan komanya sudah begitu sesuai dengan EYD.


Dari analisis yang saya lihat pada okezone.com khususnya pada "Kebiasaan - kebiasaan sederhana yang mengganggu kesehatan" telah menggunakan tata bahasa indonesia yang baik dan benar dan sesuai dengan EYD, walaupun memang ada kalimat - kalimat asing yang mewarnai berita tersebut.
Share this article :

Kunjungan

Update

 
Copyright © 2013. BERBAGI ILMU SOSIAL - All Rights Reserved | Supported by : Creating Website | Arif Sobarudin