Home » » CARA MUDAH MEMINDAHKAN BOOKMARK ANTAR BROWSER

CARA MUDAH MEMINDAHKAN BOOKMARK ANTAR BROWSER

Written By Unknown on Selasa, 26 Februari 2013 | Selasa, Februari 26, 2013

Jakarta - Aplikasi browser kini sudah semakin memudahkan penggunanya. Selain dukungan keamanan, kecepatan, serta fitur-fitur unggulan yang ada pada browser modern, kemudahan pengguna tentu menjadi salah satu prioritas pengembangnya.

Banyak pengguna yang memanfaatkan fasilitas bookmark untuk menyimpan halaman tertentu untuk dikunjungi kembali tanpa harus mencari lagi halaman tersebut.

Anda dapat melakukan backup bookmark jika suatu saat Anda perlu melakukan migrasi browser atau melakukan reinstall pada sistem operasi Anda. Di sinilah kita akan membahas tentang tips backup dan migrasi bookmark pada browser.

Google Chrome

Sebenarnya melalui fitur sinkronisasi akun Google yang ada pada Chrome, Anda dapat menemukan bookmark di manapun selama Anda sign in menggunakan akun Google. Back up bookmark dapat dilakukan melalui Bookmark manager yang dapat Anda buka melalui shortcut Ctrl + Shift + O.

Bookmark Manager Chrome


Bookmark Manager Chrome

Untuk melakukan back up, pilih Organize > Export Bookmark to HTML File.

Export Bookmark Chrome


Export Bookmark Chrome

Sebuah file HTML data bookmark dapat segera disimpan di tempat yang Anda inginkan.


Mozilla Firefox


Browser Firefox juga memilliki bookmark manager yang dapat Anda gunakan untuk mengelola bookmark termasuk untuk back up data bookmark. Caranya mudah, bukalah Bookmark manager melalui Firefox Menu > Bookmarks > Show all bookmarks atau lebih mudah lagi menggunaan kombinasi tombol Ctrl + Shift + B.

Firefox Bookmark Manager





Firefox Bookmark Manager



Sebuah jendela bookmark library akan menampilkan kumpulan bookmark Anda. Untuk melakukan back up pilih Import and backup > Export Bookmarks to HTML.




Export Bookmark Firefox


Export Bookmark Firefox

Anda dapat memilih opsi Backup, akan tetapi data yang dihasilkan berupa .json sehingga tidak bisa digunakan oleh browser lain dalam proses migrasi bookmark antar browser.


Opera


Hampir sama dengan cara-cara backup seperti browser yang sudah dijelaskan tadi, data bookmark pada browser Opera juga terdapat di dalam fitur bookmark manager. Untuk membukanya, akses Opera Menu > Bookmarks > Manage Bookmarks atau bisa menggunakan shortcut Ctrl + Shift + B.

Opera Bookmark Manager


Opera Bookmark Manager

Pilih File > Export as HTML untuk melakukan backup data bookmark pada browser Opera. Menggunakan opsi Export Opera Bookmarks akan menghasilkan file .adr yang tidak dapat digunakan oleh browser lain.

Backup Bookmark Opera


Backup Bookmark Opera



Pilih tujuan penyimpanannya agar Anda dapat menggunakannya suatu saat nanti.


Memindahkan atau Migrasi Bookmark


Ketika kita sudah memiliki data bookmark yang sudah tersimpan dalam bentuk file HTML, maka file tersebut dapat kita impor atau restore ke browser lainnya. Gunanya adalah Anda dapat menggunakan satu data bookmark pada seluruh browser yang Anda gunakan tanpa harus melakukan bookmark berulang kali di setiap browser yang berbeda. Bukalah bookmark manager pada tiap browser lalu carilah opsi Import bookmark yang menggunakan HTML.


Penutup


Memiliki data bookmark yang seragam pada browser-browser yang digunakan dapat memudahkan Anda untuk mengelola bookmark Anda tanpa merasa jengkel dengan bookmark yang berbeda-beda pada browser. Semoga bermanfaat.



Original article: Tip Backup dan Migrasi Bookmark antar Browser2013 Bisa Komputer. All Rights Reserved.
Share this article :

Kunjungan

Update

 
Copyright © 2013. BERBAGI ILMU SOSIAL - All Rights Reserved | Supported by : Creating Website | Arif Sobarudin