Berbicara mengenai ruang lingkup sosiologi pendidikan, hal ini tidak
terlepas dari masyarakat. Oleh karena itu sosiologi disebut juga
sebagai Ilmu Masyarakat atau Ilmu yang membicarakan masyarakat. Berikut
kami akan tampilkan secara sistematis mengenai ruang lingkup
pembahasan sosiologi sebagai berikut:
1. Hubungan sistem pendidikan dengan aspek-aspek lain dalam masyarakat.
Dalam kategori ini terdapat antara lain masalah-masalah sebagai berikut:
a. fungsi pendidikan dalam kebudayaan
b. hubungan antara sistem pendidikan dengan proses kontrol sosial dan sistem kekuasaan
c. fungsi sistem pendidikan dalam proses perubahan sosial dan kultural atau usaha mempertahankan status quo.
d. hubungan pendidikan dengan sistem tingkat atau status sosial
e. fungsi sistem pendidikan formal bertalian dengan kelompok rasial, kultural dan sebagainya.
2. Hubungan antar-manusia di dalam sekolah
Lapangan kedua ini menganalisis struktur sosial di dalam sekolah, pola
kebudayaan di dalam sistem sekolah menunjukkan perbedaan dengan apa
yang terdapat di dalam masyarakat di luar sekolah. Di dalam bidang ini
dapat dipelajari:
a. hakikat kebudayaan sekolah sejauh ada perbedaannya dengan kebudayaan di luar sekolah.
b. pola interaksi sosial atau struktur masyarakat sekolah, yang
antara lain meliputi berbagai hubungan antara berbagai unsur di
sekolah, kepemimpinan dan hubungan kekuasaan, stratifikasi sosial dan
pola interaksi informal sebagai terdapat dalam clique serta kelompok-kelompok murid lainnya.
3. Pengaruh sekolah terhadap kelakuan dan kepribadian semua pihak di sekolah
Dalam bidang ini diutamakan aspek proses pendidikan itu sendiri. Di
sini kita analisis kepribadian dan kelakuan guru, murid dan lain-lain
atas pengaruh partisipasi dalam keseluruhan sistem pendidikan.
4. Sekolah dalam masyarakat
Di sini dianalisis pola-pola interaksi antara sekolah dengan
kelompok-kelompok sosial lainnya dalam masyarakat disekitar sekolah.
Antara lain dapat dipelajari:
a. pengaruh masyarakat atas organisasi sekolah
b. analisis proses pendidikan yang terdapat dalam sistem-sistem sosial dalam masyarakat luar sekolah
c. hubungan antara sekolah dan masyarakat dalam pelaksanaan pendidikan
d. faktor-faktor demografi dan ekologi dalam masyarakat bertalian
dengan organisasi sekolah, yang perlu untuk memahami sistem pendidikan
dalam masyarakat serta integrasinya di dalam keseluruhan kehidupan
masyarakat.
Sedangkan menurut Drs. Ary H. Gunawan mengatakan bahwa ruang lingkup kajian sosiologi adalah sebagai berikut:
a. struktur sosial adalah jalinan dari seluruh unsur-unsur sosial
b. unsur-unsur sosial, yang pokok adalah norma/kaidah sosial, lembaga sosial, kelompok sosial, dan lapisan sosial.
c. proses sosial adalah pengaruh timbal balik antara berbagai segi kehidupan bersama.
d. perubahan sosial adalah segala perubahan yang terjadi pada
lembaga-lembaga sosial dalam masyarakat yang mempengaruhi sistem
sosial, seperti nilai, sikap, dan sebagainya.
Jadi kami selaku pemakalah menyimpulkan bahwa ruang lingkup sosiologi pendidikan adalah
- Objek kajian sosiologi adalah masyarakat yang dilihat dari sudut hubungan antarmanusia tersebut didalam masyarakat.
- Jadi pada dasarnya sosiologi mempelajari masyarakat dan perilaku sosial manusia dengan meneliti kelompok yang dibangunnya.
- Sosiologi mempelajari perilaku dan interaksi kelompok, menelusuri asal-usul pertumbuhannya serta menganalisis pengaruh kegiatan kelompok terhadap anggotannya.